Programming

Mempercepat Koneksi dengan SSH Tunneling

Artikel ini hanya untuk pembelajaran, penulis tidak bertanggung jawab atas segala akibat dari penggunaan artikel ini.
Bukan maksud nakut-nakutin kok. cuma disclaimer pembukaan aja
*pura-pura nya artikel keren gitu*
Ini adalah tutorial singkat dan pendek yang penjelasannya bertele-tele.
hehehehe… ^^v

Jadi begini, kita tau sendiri gimana kualitas koneksi internet kita saat ini. Masih sedikit orang yang bisa menikmati koneksi broadband tanpa batas dan tanpa masalah. Dan bagi kita kita para “Fakir Bandwith”, hanya bisa pasrah dengan kondisi saat ini.

Tapi namanya orang kalo lagi kepepet bin kejepit, pasti bisa aja nemu cara buat ngakalinnya. Sama seperti kalo orang di kejer anjing, yang tadinya lagi sakit encok tiba-tiba bisa lari sekencang atlit nasional..
Jadi OOT, cuma sebagai ungkapan kok. buat memperpanjang artikel. hehe…

Langsung to the point deh, sebenernya artikel ini udah banyak yang “mengedarkannya”
Tapi saya cuma ikut-ikutan meramaikannya aja. siapa tau ada yang belum tau..

Untuk bisa SSH Tuneling, beberapa hal penting:
1. Memiliki account ke SSH Server
2. SSH server support tunnel
3. Komputer anda memiliki SSH client
4. Koneksi Internet di SSH Server lebih kencang (baca: Sangat Kencang)
5. SANGAT DISARANKAN server SSH terletak pada jalur IIX.
6. Anda memiliki koneksi internet (lha iya dong..)
7. Sabar…

Untuk yang pertama, saya akan menjelaskan cara SSH Tunneling menggunakan OS Linux. dan Linux yang saya gunakan adalah Ubuntu 7.10 (Gutsy Gibbon)