Selain untuk membuat dokumen, Google docs juga bisa untuk menulis blog, yang kemudian otomatis akan di posting di situs blog anda seperti: Blogger.com, livejournal.com, WordPress.com, dan lain nya. Bahkan untuk situs pribadi anda sendiri yang menggunakan engine yang didukung oleh API Google.

Kenapa harus Google Docs?
Kadang kala editor blog kita memiliki fitur yang terbatas. Dengan Google Docs, kita akan memiliki editor yang lumayan lengkap selayaknya Office Suite. Meskipun belum selengkap Office suite, namun Google Docs masih dalam tahap pengembangan. Dengan status BETA (khas Google) maka Google Docs bisa akan semakin lengkap lagi.
Selain itu, kita bisa mempublikasikan dokumen office kita tanpa perlu menulis ulang.

Contoh berikut menjelaskan penggunaan Google Docs untuk menulis blog pada situs pribadi yang menggunakan WordPress.
Langkah awal adalah anda harus mempunyai account pada Google. Apabila anda telah mempunyai alamat email pada Gmail, anda bisa menggunakannya.

Setelah login, klik pada menu “Documents” di sudut kiri atas tampilan Gmail anda, atau langsung ke http://docs.google.com/

Buat dokumen baru dengan memilih: “New -> Documents
Akan muncul halaman baru dan anda bisa memulai menulis blog anda disini, lengkap dengan format tulisan.
Untuk memasukkan gambar, table, atau video, klik pada tab “insert“. Sama seperti anda membuat dokumen pada Office suite.

Click for larger

Jika telah selesai menulis, klik pada menu “File -> Save“. Untuk langsung mempublikasikannya ke blog anda, klik pada menu “Publish” di sudut kanan editor. Akan muncul halaman Publish.

Click for larger

Sebelum mempublikasikan tulisan anda, kita harus merubah setingan blog kita. Klik pada link “change your blog site settings“. Akan muncul jendela baru.

Click for larger

Jika blog anda terletak pada Blogger.com, maka pada provider pilih “Blogger.com” atau sesuaikan dengan provider anda. Lalu masukkan username dan password anda.

Untuk kasus kali ini, kita akan menggunakan hosting pribadi kita. Maka klik pada pilihan “My own server / custom

Click for larger

Karena kita menggunakan engine dari WordPress, maka masukkan url lengkap yang merujuk ke lokasi file “xmlrpc.php” blog anda. Jika anda tidak yakin dimana url xmlrpc untuk engine blog anda, klik pada “-> Click here for yours <-“.
Kemudian masukkan username dan password. Username disini adalah user yang telah terdaftar di blog anda, dan telah mempunyai hak akses untuk membuat posting baru. Disarankan untuk tidak menggunakan username “admin“. Jika belum ada user lain, segera buat user baru.

Test setingan anda, apakah sudah benar atau belum dengan mengklik tombol “Test” . Jika setingan telah benar, maka akan muncul konfirmasi.

Test Complete

Klik “Ok” dan kembali pada halaman Publish.
Untuk mempublikasikannya langsung, klik pada tombol “Post to blog“. Google Docs kemudian akan langsung mempublikasikannya ke blog anda.

Jika semuanya lancar, tulisan anda akan langsung muncul di blog anda.

Click for larger

Google Docs akan membutuhkan beberapa waktu sebelum tulisan anda muncul di blog anda. Pada beberapa kasus, tulisan anda akan muncul sebagai “Draft”. Untuk itu anda harus mempublikasikannya manual melalui administrasi blog anda.