Artikel ini hanya untuk pembelajaran, penulis tidak bertanggung jawab atas segala akibat dari penggunaan artikel ini.
Bukan maksud nakut-nakutin kok. cuma disclaimer pembukaan aja
*pura-pura nya artikel keren gitu*
Ini adalah tutorial singkat dan pendek yang penjelasannya bertele-tele.
hehehehe… ^^v

Jadi begini, kita tau sendiri gimana kualitas koneksi internet kita saat ini. Masih sedikit orang yang bisa menikmati koneksi broadband tanpa batas dan tanpa masalah. Dan bagi kita kita para “Fakir Bandwith”, hanya bisa pasrah dengan kondisi saat ini.

Tapi namanya orang kalo lagi kepepet bin kejepit, pasti bisa aja nemu cara buat ngakalinnya. Sama seperti kalo orang di kejer anjing, yang tadinya lagi sakit encok tiba-tiba bisa lari sekencang atlit nasional..
Jadi OOT, cuma sebagai ungkapan kok. buat memperpanjang artikel. hehe…

Langsung to the point deh, sebenernya artikel ini udah banyak yang “mengedarkannya”
Tapi saya cuma ikut-ikutan meramaikannya aja. siapa tau ada yang belum tau..

Untuk bisa SSH Tuneling, beberapa hal penting:
1. Memiliki account ke SSH Server
2. SSH server support tunnel
3. Komputer anda memiliki SSH client
4. Koneksi Internet di SSH Server lebih kencang (baca: Sangat Kencang)
5. SANGAT DISARANKAN server SSH terletak pada jalur IIX.
6. Anda memiliki koneksi internet (lha iya dong..)
7. Sabar…

Untuk yang pertama, saya akan menjelaskan cara SSH Tunneling menggunakan OS Linux. dan Linux yang saya gunakan adalah Ubuntu 7.10 (Gutsy Gibbon)

Di *nix Family, anda bisa menggunakan opsi “-D”untuk membuka SOCKS proxy.
Dan SOCKS ini lah yang kita gunakan untuk tunneling.
Commandnya:

$ssh -D 9999 [email protected]

Dimana 9999 adalah port yang akan digunakan. Anda bisa bebas gunakan port mana saja yang sedang kosong (pastikan benar-benar tidak sedang dan tidak akan digunakan oleh aplikasi lain)
Contoh:

$ssh -D 9123 [email protected]

Masukkan password account anda pada server SSH tersebut. Lalu komputer anda akan membuat SOCKS Proxy pada port “9123”. Biarkan koneksi ini terus terbuka, dan jangan di tutup!

Kemudian kita akan seting browser kita agar menggunakan proxy lokal yang telah kita buat.
Pada Firefox, masuk ke “Edit => Preferences”
Pada Tab “Advanced” pilih “Network” lalu klik “Settings” pada kolom “Connection”
Pilih “Manual Proxy Configuration” dan isikan “localhost” pada kolom “SOCKS Host” dan pada “Port” isikan port yang telah kita buat, dalam contoh ini adalah “9123”

Tutup jendela konfigurasi network firefox anda. kemudian cobalah browsing seperti biasa. Jika tunneling kita berhasil, maka akan terasa perbedaan kecepatan nya. Apalagi jika server terletak di jaringan IIX dan mempunyai bandwith yang sangat besar.
Jika tidak, cobalah cari SSH server lain yang terletak di jalur IIX dan punya koneksi sangat kencang (Tidak akan saya jelaskan, dan jangan tanya).
Atau anda juga bisa membuat tunneling sendiri pada jaringan di kantor atau Instansi anda. Mungkin ada komputer lain yang koneksinya lebih kencang dan maknyus dari yang anda gunakan. Tinggal isikan IP Address dari komputer tersebut. Yah dengan syarat, komputer target tersebut mempunya SSH Server dengan support Tunnel (UDP Port) dan anda mempunyai (mengetahui) account pada komputer target tersebut.

Jurus ini tidak terpaku hanya untuk browser, namun bisa juga digunakan untuk aplikasi2 lain yang mendukung SOCKS Proxy. Karena jalur ini lah yang kita gunakan.

Selain itu, tunneling ini juga biasa digunakan untuk Anonymous Browsing, atau menjelajah internet secara anonymous. Artinya identitas asli kita akan ditutupi oleh identitas dari SSH Server yang kita tunnel. Sehingga kita pun aman.
Coba anda cek IP address anda pada saat sebelum tunneling dan pada saat tunneling.

Untuk di Windows, anda bisa menggunakan software Putty untuk melakukan tunneling ke server. Penjelasan penggunaanya, kapan-kapan saya tulis.

Lebih jauh lagi, anda bisa membuat sendiri konfigurasi untuk Tunneling pada file config ssh anda. Jika anda menggunakan Ubuntu, file tersebut ada di:
“/etc/ssh/ssh_config”

Untuk detail penggunaan SSH, anda bisa mengunjungi situs ini:

http://souptonuts.sourceforge.net/sshtips.htm

Sekali lagi, Saya tidak bertanggung jawab apabila anda mendapatkan “teguran” dari admin yang servernya anda tunnel.
Use it at your own RISK!!

Gunakan pengetahuan secara bijak.